Minggu, 20 Oktober 2013

Tugas 2 : Paragraf Narasi



Sus Sandwich (SusWich)

          Ada yang sudah pernah mendengar SusWich? Mungkin kalian masih belum familiar dengan sebutan tersebut. Suswich adalah sebuah kue basah yang sebenarnya sangat terkenal oleh orang Indonesia. Kue tersebut merupakan bentuk inovasi dari kue sus. Kue sus merupakan kue yang mempunyai rasa khas pada bagian kulit luarnya yaitu rasa asin dan gurih dengan isi toping didalamnya berupa saus fla yang manis.
        Pada awalnya kue ini bisa terpikirkan pada saat saya beserta kedua teman saya, yaitu Diana Wijayanti (Jak) dan Andi Ronika Purba (Andi)  mengikuti sebuah lomba Universitas Gunadarma Economic Competition yang diadakan oleh kampus. Kami dituntut untuk membuat suatu produk yang mempunyai ekspetasi dan prospek yang sangat besar. Cukup lama kami mencari beberapa referensi produk apa yang seharusnya akan kami promosikan. Pada suatu ketika saya searching di google dan mendapatkan referensi sebuah sus dengan bentuk yang sangat menarik. Dan mulai pada saat itu kami membuat suatu konsep bentuk kue sus yang lebih berinovatif dengan memberikan sentuhan yang berbeda terhadap kue sus.
          Mengapa kami memberi nama kue ini SusWich?? Kepanjangan SusWich adalah Sus sandwich. Kami menciptakan sebuah sus dengan bentuk menyerupai sebuah sandwich/burger. Bukan hanya bentuk yang kami beri nuansa yang berbeda akan tetapi kami juga memberikan beberapa variasi topping yang pasti sangatlah berbeda dengan sus – sus yang sebelumnya dan pasti masyarakat bisa menerima dengan sangat antusias produk ini.
       Proses pertama lomba dimulai,  tahap pengumpulan proposal dengan isi perkenalan produk. Selama itu berlangsung, kami memikirkan segala bentuk /konsep yang akan kami kemas di produk tersebut. Dan sampai pada akhirnya tahap pertama proposal kami lolos. Kami melanjutkan menyelesaikan proposal tersebut.
           Kami membuat 3 variasi rasa, yaitu SusWich Burger, SusWich  fruit dan SusWich BiscIce.
·         SusWich Burger
Bentuk dari sus ini seperti burger dengan 2 variasi daging, yaitu daging sapi (beef) dan daging ayam (nugget).
a)      SusWich Beef Burger 
       Topping    : selada, tomat merah, keju, beef, mayonnaise dan saus. 
b)      SusWich Chicken Burger 
       Topping    : selada, tomat merah, nugget, keju, mayonise dan saus.
·         SusWich Fruit
Memadu padankan sus dengan aneka buah di dalamnya seperti buah strawberry. Pemberian desain yang menarik, dengan memotong tipis melebar buah strawberry, susunan melingkar memutari sehingga membuat pola seperti bintang. Tidak kalah penting, kue ini terdapat sentuhan cream yg membuat rasa yang kuat. Suswich Fruit ini kami membuat 2 macam varian cream, yaitu :
a)      SusWich Strawberry Whipped Cream 
      Berisi campuran whipped Cream kocok, yoghurt yang kental, buah strawberry dan gula. Bisa juga ditambah dengan madu. 
b)      SusWich Strawberry Cream cheese 
       Berisi campuran antara cream cheese, strawberry yang dihancurkan dan gula.
·         SusWich BiscIce
Berisi aneka rasa ice cream yang dicampur dengan butiran oreo. Suswich ini akan memberikan sensasi dingin dan crispy ketika disantap.
          Dari pemaparan produk SusWich dengan varian rasa, bentuk dan ide kreatif tersebut kami lolos ke tahap ke 2. Selanjutnya kami melalui tahap “Beauty Contest”. Dengan proses yang sangat singkat dan mendesak kami mempersiapkan presentasi produk tersebut dengan pemberian waktu yang teramat singkat sekali yaitu dalam 1 malam kami mempersiapkannya. Sempat terbesit rasa putus asa.  Dengan modal nekat kami tetap melanjutkan. Kami berpikir untuk menghadirkan produk tersebut saat presentasi berlangsung. Bingung harus mencari bahan kemana karna pada saat itu hari sudah larut malam. Kami juga tidak memungkinkan untuk membuat kue sus itu sendiri. Dan pada akhirnya kami memutuskan untuk membeli kue sus tersebut. 
          Pagi itu dimulai, kami bergegas mempersiapkannya. Dari mulai Jak yang mencari kue sus jadi dan saya yang membeli ice cream beserta oreo. Bahan SusWich semua siap, pada kesempatan kali itu saya hanya bisa memperkenalkan 1 produk saja, yaitu SusWich BiscIce. Jujur kami sebelumnya belum pernah membuatnya hehehe.. 
           Masuk keruang presentasi, bertahap masing – masing tim mempresentasikan produknya. Yaa, tiba saatnya tim kami maju. Saya sebagai moderator, Andi sebagai operator dan Jak yang mempresentasikannya. Respon juri terhadap produk kami sangat antusias. Betapa terkejutnya kami ketika juri memuji produk ini. 
           Saatnya dipenghujung acara, yaitu pengumuman pemenang. Rasa optimism SusWich ini akan menang pun meyakinkan kami dengan melihat ekspresi juri saat member komentar. Benar saja akhirnya kami menang sebagai runner up. Walaupun hanya menggelar juara 2 saya beserta kedua teman saya bangga karna ternyata kami bisa melakukannya. 

          “Produk yang sederhana juga di konsep dengan kreatif dan inovatif bisa menjadi produk yang luar biasa. Berani mencoba apapun hasilnya itu lebih baik dibandingkan tidak pernah melakukan hal apapun”.


Jenis Tulisan : Narasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar