Rabu, 21 Maret 2012

BAB 2 PERKEMBANGAN STRATEGI DAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN EKONOMI INDONESIA

NAMA           : FARADILLAH LAMIRA
NPM               : 28211317
KELAS          : 1EB09

BAB 2
PERKEMBANGAN STRATEGI DAN
PERENCANAAN PEMBANGUNAN EKONOMI INDONESIA

1.      Strategi Pembangunan
a)      Strategi Pertumbuhan
Konsep strategi pertumbuhan :
·         Strategi pembangunan ekonomi suatu Negara akan terpusat pada upaya pembentukan modal serta bagaimana menanamkan secara seimbang, menyebar, terarah dan memusat. Sehingga dapat menimbulkan efek pertumbuhan ekonomi.
·         Selanjutnya bahwa pertumbuhan ekonom akan dinikmati oleh golongan lemah melalui proses merambat ke bawah (trickle down effect)  pendistribusian kembali.
·         Jika aterjadi ketimpangan atau ketidakmerataan, hal tersebut merupakan persyaratan terciptanya pertumbuhan ekonomi.
·         Kritik paling keras dari strategi pertumbuhan ini adalah bahwa pada kenyataan yang terjadi adalah ketimpangan yang semakin tajam.

b)     Strategi Pembangunan dan Pemerataan
Konsep strategi ini ditekankannya untuk peningkatan pembangunan melalui teknik sosial engineering, seperti halnya melalui penyusunan perencanaan induk dan paket program terpadu.

c)      Strategi Ketergantungan
Inti dari konsep strategi ketergantungan menitikberatkan untuk meningkatkan produksi nasional yang disertai dengan peningkatan kemampuan dalam bidang produksi, lebih mencintai produk nasional dan sejenisnya. Konsep ini timbul dikarenakan tidak sempurnanya strategi pertumbuhan dan strategi pembangunan dengan pemerataan.


d)     Strategi yang Berwawasan Ruang
Strategi ini dikemukakan oleh Myrdall dan Hirschman, mereka mengemukakan sebab-sebab kurang mampunya daerah miskin berkembang secepat daerah yang lebih maju/kaya. Menurut mereka kurang mampunya daerah miskin berkembang secepat daerah maju dikarenakan kemampuan/pengaruh menyebar dari kayak e miskin (spread effects),  lebih kecil dari pada terjadinya aliran sumber daya dari daerah miskin ke daerah kaya (back-wash-effects).
Perbedaan pendapat    :
Myrdall  tidak percaya bahwa keseimbangan daerah kaya dan miskin akan tercapai.
Hirschman percaya, sekalipun baru akan tercapai dalam jangka panjang.

e)      Strategi Pendekatan Kebutuhan Pokok
Strategi ini menitikberatkan untuk menaggulangi kemiskinan secara masal. Strategi ini selanjutnya dikembangkan oleh Organisasi Perburuhan Sedunia (ILO) pada tahun 1975, dengan dikeluarkannya dokumen: Employment, Growth, and Basic Needs : A One World Problem. ILO dengan menekankan bahwa kebutuhan pokok manusia tidak mungkin dapat dipengaruhi jika pendapatan masih rendah akibat kemiskinan yang bersumber pada pengangguran. Oleh karena itu sebaiknya usaha-usaha diarahkan pada penciptaan lapangan kerja, peningkatan pemenuhan kebutuhan pokok dan sejenisnya.

2.      Faktor yang Mempengaruhi Strategi Pembangunan
Faktor yang mempengaruhi strategi pembangunan sangat erat hubungannya dengan tujuan yang hendak dicapai. Jika tujuan yang hendak dicapai adalah menciptakan masyarakat yang mandiri, maka strategi ketergantungan-lah yang mungkin akan dicapai. Jika tujuan yang ingin dicapai adalah pemerataan pembangunan, maka strategi yang berwawasan ruang-lah yang akan dipergunakan.
Perkembangan Ekonomi suatu negara dapat dilihat dari perubahan-perubahan di dalam stabilitas atau keseimbangannyan kapasitas perekonomian dalam jangka waktu yang lama. Ada beberapa karakteristik perkembangan ekonomi modern yang ditinjau dari interrelasi, yaitu:
·         Tingginya tingkat pengeluaran perkapita
·         Tingginya tingkat penghasilan perkapita
·         Teknologi yang maju
Ekonomi pembangunan :Ilmu yang mempelajari tentang pembangunan perekonomian masyarakat di negara berkembang, menganalisis masalah-masalah yang dihadapi oleh negara-negara sedang berkembang dan mendapatkan cara-cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut supaya negara-negara berkembang dapat membangun ekonominya dengan lebih cepat lagi.
Pembangunan ekonomi : Proses pembangunan perekonomian di suatu negara sehingga pendapatan penduduk perkapita di suatu negara tersebut meningkat dalam jangka waktu yang panjang dan  mengembangkan ekonomi dan taraf hidup masyarakatnya.
Manfaat pembangunan ekonomi  yaitu :

a)      Meningkatnya GNP
b)      Mengurangi pengangguran
c)      Meningkatkan kemakmuran
d)     Pengelolaan alam yang lebih baik
e)      Modal yang terkumpul


faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi yaitu :

·         Ukuran suatu Negara (geografis, penduduk dan pendapatan)
·         Sistem&struktur politik
·         Latar belakang histories
·         Hubungan internasional
·         Bantuan modal internasional
·         Pemerataan&pertumbuhan penduduk
·         Pendidikan
·         Teknologi




3.      Strategi Pembangunan Ekonomi Indonesia

·         Sebelum orde baru
strategi pembangunan di Indonesia sebelum orde baru secara teori telah diarahkan pada usaha pencapaian laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Akan tetapi pada kenyataannya terlihat adanya kecendrungan lebih menitik beratkan pada tujuan-tujuan politik dan kurang memperhatikan pembangunan ekonomi.
·         Pada awal orde baru
strategi pembangunan di Indonesia pada awal orde baru lebih diarahkan pada tindakan pembersihan dan perbaikan kondisi ekonomi yang mendasar, terutama usaha untuk menekan laju inflasi yang sangat tinggi (hyper inflasi).
Dapat sedikit disimpulkan bahwa strategi pembangunan di Indonesia tidak mengenal perbedaan strategi yang ekstrem. Sebagai contoh selain strategi pemerataan pembangunan, Indonesia tidak mengesampingkan strategi pertumbuhan dan strategi yang berwawasan ruang. Periode ini kemudian disusul dengan periode Repelita dan dalam setiap Repelita, khususnya sejak Repelita II, strategi pembangunan ekonomi yang diberlakukan di Indonesia adalah
·         strategi yang mengacu pada pertumbuhan yang sekaligus berorientasi pada keadilan (pemerataan)
·          menghapus kemiskinan
·          keadilan (pemerataan) antar daerah
·         Pembagian wilayah pembangunan ini tidak didasarkan pada pembagian secara adminstratif politis yang ada.

4.       Perencanaan Pembangunan
Perencanaan pembagunan bertujuan untuk mengantisipasi ketidakseimbangan yang terjadi yang bersifat akumulatif, atau sebagai peran arahan bagi proses pembangunan untuk berjalan menuju tujuan yang ingin dicapai sebagai tolak ukur keberhasilan proses pembangunan.
Ciri-ciri perencanaan pembangunan :

·         Berisi upaya untuk mencapai perkembangan ekonomi
·         Meningkatnya pendapatan perkapita
·         Merubah struktur ekonomi
·         Meningkatnya kesempatan kerja bagi masyarakat
·         Pemerataan pembangunan


Manfaat Perencanaan :
·         Adanya pengarahan kegiatan.
·         adanya pedoman bagi pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang ditujukan kepada pencapaian tujuan pembangunan.
·         Adanya perkiraan terhadap hal-hal dalam masa pelaksanaan yang akan dilalui. Perkiraan dilakukan mengenai potensi-potensi dan prospek-prospek perkembangan, tetapi juga mengenai hambatan-hambatan dan risiko-risiko yang mungkin dihadapi.
·         Mengusahakan supaya ketidak pastian dapat dibatasi seminim mungkin.
·         memberikan kesempatan untuk memilih berbagai alternatif tentang cara yang terbaik atau kesempatan untuk memilih kombinasi cara yang terbaik.
·         Dapat dilakukan penyusunan skala prioritas.
·         Memilih urutan-urutan dari segi pentingnya suatu tujuan, sasaran maupun kegiatan usahanya.
·         Adanya alat pengukur untuk mengadakan suatu pengawasan dan evaluasi.
·         Penggunaan dan aloksi sumber-sumber pembangunan yang terbatas adanya secara lebih efisien dan efektif.
·          Diusahakan dihindarinya keborosan-keborosan suatu usaha untuk mencapai output/hasil secara maksimal daripada sumber-sumber yang tersedia.
·         perkembangan ekonomi yang mantap atau pertumbuhan ekonomi yang terus-menerus dapat ditingkatkan.
·         stabilitas ekonomi.
Referensi         :
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/perekonomian_indonesia/bab2-perkembangan_strategi_dan_perencanaan_pembangunan_ekonomi_indonesia.pdf
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/03/perkembangan-strategi-dan-perencanaan-pembangunan-ekonomi-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar