Kamis, 03 November 2011

BAB 14 PENGANTAR BISNIS

TUGAS PENGANTAR BISNIS BAB 14
NAMA        : FARADILLAH LAMIRA
KELAS         : 1EB09
NPM           : 28211317

Bisnis Internasional

Bisnis internasional adalah istilah yang digunakan secara kolektif menggambarkan semua transaksi komersial ( swasta dan pemerintah , penjualan , investasi , logistik , dan transportasi ) yang terjadi antara dua atau lebih wilayah , negara dan bangsa melampaui batas politik mereka. Biasanya, perusahaan swasta melakukan seperti transaksi untuk keuntungan ; pemerintah melakukan itu untuk keuntungan dan politik alasanHal ini mengacu pada semua kegiatan bisnis yang melibatkan transaksi lintas batas barang, jasa, sumber daya antara dua atau lebih negara. Transaksi sumber daya ekonomi mencakup modal, keterampilan, orang dll untuk produksi barang internasional fisik dan jasa seperti keuangan, perbankan, asuransi, konstruksi dll.
Dalam bisnis international dua transaksi bisnis internasional yaitu :
a.       Peradagangan Internasional (international trade)
b.      Pemasaran International (international marketing)
Perdagangan internasional adalah pertukaran modal , barang , dan jasa melintasi batas internasional atau wilayah. [1] Di kebanyakan negara, perdagangan seperti mewakili porsi yang signifikan dari produk domestik bruto (PDB). While international trade has been present throughout much of history (see Silk Road , Amber Road ), its economic, social, and political importance has been on the rise in recent centuries. Sementara internasional perdagangan telah hadir di banyak sejarah (lihat Jalur Sutra , Amber Jalan ), pentingnya ekonomi, sosial, dan politik telah meningkat di abad-abad terakhir.
Pemasaran Internasional adalah kegiatan Pemasaran yang melewati batas-batas lebih dari satu negara. Pemasaran internasional merupakan penerapan konsep, prinsip, aktifitas, dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di berbagai Negara.
Pasar internasional adalah pasar yang membeli dan menjual produk dari beberapa negara. Pasar internasional melampaui ekspor pemasar dan menjadi lebih terlibat dalam lingkungan pemasaran di negara-negara di mana suatu organisasi melakukan bisnis.
Tahapan-tahapan bisnis internasional
Adapun tahap tersebut secara kronologis adalah sebagai berikut :
1. Ekspor Insidentil
2. Ekspor Aktif
3. Penjualan Lisensi
4. Franchising
5. Pemasaran di Luar Negeri
6. Produksi dan Pemasaran di Luar Negeri
Alasan belajar bisnis
Belajar bisnis internasional adalah penting karena:
  • Sebagian besar perusahaan baik internasional atau bersaing dengan perusahaan internasional.
  • Mode operasi dapat berbeda dari yang digunakan di dalam negeri.
  • Cara terbaik untuk melakukan bisnis mungkin berbeda oleh negara .
  • Sebuah pemahaman membantu Anda membuat lebih baik karir keputusan.
  • Sebuah pemahaman membantu Anda memutuskan apa yang pemerintah kebijakan untuk mendukung.
Hambatan bisnis internasional
Hambatan perdagangan atau bisnis internasional yang lain adalah berupa masalah operasional yakni transportasi atau pengangkutan barang yang diperdagangkan tersebut dari negara yang satu ke negara yang lain. Transportasi ini seringkali sukar untuk dilakukan karena antara kedua negara itu belum memiliki jalur pelayaran kapal laut yang reguler. Hal ini akan dapat mengakibatkan bahwa biaya pengangkutan atau ekspedisi kapal laut untuk jalur tersebut akan menjadi sangat mahal. Mahalnya biaya angkut itu dikarenakan selain keadaan bahwa kapal pengangkutnya hanya melayani satu negara itu saja yang biasanya lalu mahal, maka kembalinya kapal tersebut dati negara tujuan itu akan menjadi kosong. Perjalan kapal kosong di samudera luas akan sangat membahayakan bagi keselamatan kapal itu sendiri.
Perusahaan multinasional
Perusahaan multinasional atau PMN adalah perusahaan yang berusaha di banyak negara; perusahaan ini biasanya sangat besar. Perusahaan seperti ini memiliki kantor-kantor, pabrik atau kantor cabang di banyak negara. Mereka biasanya memiliki sebuah kantor pusat di mana mereka mengkoordinasi manajemen global.
Perusahaan multinasional yang sangat besar memiliki dana yang melewati dana banyak negara. Mereka dapat memiliki pengaruh kuat dalam politik global, karena pengaruh ekonomi mereka yang sangat besar bagai para politisi, dan juga sumber finansial yang sangat berkecukupan untuk relasi masyarakat dan melobi politik.
Karena jangkauan internasional dan mobilitas PMN, wilayah dalam negara, dan negara sendiri, harus berkompetisi agar perusahaan ini dapat menempatkan fasilitas mereka (dengan begitu juga pajak pendapatan, lapangan kerja, dan aktivitas eknomi lainnya) di wilayah tersebut. Untuk dapat berkompetisi, negara-negara dan distrik politik regional seringkali menawarkan insentif kepada PMN, seperti potongan pajak, bantuan pemerintah atau infrastruktur yang lebih baik atau standar pekerja dan lingkungan yang memadai.
PMN seringkali memanfaatkan subkontraktor untuk memproduksi barang tertentu yang mereka butuhkan. Perusahaan multinasional pertama muncul pada 1602 yaitu Perusahaan Hindia Timur Belanda yang merupakan saingan berat dari Perusahaan Hindia Timur Britania.
http://id.wikipedia.org/wiki/Perusahaan_multinasional
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_internasional
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/International_business
http://qeyty.blogspot.com/2008/10/bab-v-bisnis-internasional.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar