Minggu, 06 November 2011

pengantar bisbis bab 2

NAMA           : FARADILLAH LAMIRA
KELAS          : 1EB09
NPM              : 28211317

Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan
Bab 2


A. Pengertian Perusahaan
            Perusahaan adalah suatu tempat untuk melakukan sebuah usaha, produksi barang atau jasa. Kegiatan tersebut dilakukan karena kebutuhan manusia tidak bisa dilakukan secara langsung melainkan melewati sebuah proses. Jadi, kesimpulannya perusahaan adalah tempat melakukan proses produksi barang atau jasa sampai barang atau jasa tersebut bisa langsung digunakan oleh manusia.

B.Tempat kedudukan dan letak perusahaan

Lokasi perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik.
 Faktor-Faktor Pokok Penentu Pemilihan Lokasi Industri
ü  Letak dari sumber bahan mentah untuk produksi
ü   Letak dari pasar konsumen
ü   Ketersediaan tenaga kerja
ü   Ketersediaan pengangkutan atau transportasi
ü   Ketersediaan energy
Jenis-Jenis Lokasi Perusahaan
1. Lokasi perusahaan yang ditetapkan pemerintah
            Lokasi yang sudah ditetapkan dan kita tidak bisa membangun perusahaan di luar lokasi yang telah ditetapkan. . Contoh : kawasan industri cikarang, pulo gadung, dan lain sebagainya.
2. Lokasi perusahaan yang mengikuti sejarah
Lokasi yang sudah dipilih, biasanya memiliki nilai sejarah tertentu yang dapat memberikan pengaruh pada kegiatan bisnis. Contoh : membangun perusahaan udang di cirebon yang merupakan kota udang atau membangun usaha pendidikan di yogyakarta yang telah terkenal sebagai kota pelajar.
3. Lokasi perusahaan yang mengikuti kondisi alam
            lokasi yang tidak bisa dipilih-pilih karena sudah ditentukan oleh alam. Contoh : Tambang emas di cikotok, tambang aspal di buton, tambang gas alam di bontang kaltim, dan lain sebagainya.
4. Lokasi perusahaan yang mengikuti faktor-faktor ekonomi
            Lokasi ini dipengaruhhi oleh banyak faktor ekonomi seperti ketersedian tenaga kerja, faktor kedekatan dengan pasar, ketersediaan bahan baku, dan lain-lain.
C. Perusahaan dan lembaga social
Tujuan perusahaan
·         Ekonomis
Perusahaan berupaya agar perusahaan dapat mempertahankan keberadaannya. Perusahaan berupaya mendapatkan laba, pelanggan, dan menjalankan upaya-upaya perkenbangan dengan fokus terhadap kebutuhan masyarakat dengan produk yang berkualitas.
·         Sosial
Perusahaan diharapkan memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyediaan faktor-faktor produksi, ddan masyarakat luas.
Perbedaan perusahaan dengan lembaga sosial adalah prioritas perusahaan terhadap laba, kelangsunga hidup, dan tanggung jawab sosial. Sedangkan lembaga sosial terhadap tanggung jawab sosial.
Perusahaan sebagai suatu sistem
            System merupakan suatu kesatuan dari unit-unit yang saling berinteraksi langsung maupun tidak langsung. Sedangkan perusahaan adalh suatu system karena perusahaan merupakan kombinasi darbeberapa sumber ekonomi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi barang atau jasa untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam mencapai tujuan, perusahaan tersebut akan selalu melakukan interaksi antara perusahaan dengan lingkungannya. Interaksi akan membuat sebuah perusahaan dapat beradaptasi dengan lingkungan. Akhirnya interaksi akan memunculkan tanggung jawab sosial pada perusahaan  kepada pihak-pihak yang berhubungan. Tanggung jawab kepada pemilik modal dan investor, kepada lembaga penelitian, kepada pekerja, kepada konsumen, kepada perantara, kepada masyarakat, kepada pemerintah, kepada penyedia dan kepada pesaing.
Sifat-sifat system perusahaan
1.      Komplek
2.      Kesatua unit
3.      Beragam
4.      Saling tergantung
5.      Dinamis
Cirri-ciri perusahaan
1.      Hak pemilikan kekayaan pribadi
2.      Intensif untuk laba
3.      Peluang untuk bersaing
4.      Kebebasab memilih dan melakukan
5.      Operatif
6.      Koordinatif
7.      Regular
8.      Dinamis
9.      Formal
10.  Lokasi
11.  Pelayanan bersyarat
Pengaruh lingkungan terhadap perusahaan
            Lingkungan merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi organisasi maupun kegiatan perusahaan. Arti lingkungan secara luas mencakup semua faktor eksternal yang mempengaruhi individu, perusahaan dan masyarakat itu sendiri.
Lingkungan sangat berpengaruh terhadap:
a)      Lingkungan fisik, energi dan konvervasi
Lingkungan fisik, energi dan konvervasi merupakan salah satu masaalah yang sulit diatasi da juga memerlukan biaya besar karena berkaitan dengan lingkunga fisik.
b)      Lingkungan perekonomian dan perpajakan
Lingkungan perekonomian dan perpajakan sangat berpengaruh dalam perusahaa karena perpajakan diwajibkan bagi semua penduduk indonesia untuk kesejahteraan rakyat.
c)      Lingkungan hukum
Lingkungan hokum menyangkut kebiasaan-kebiasaan, tradisi, peraturan-peraturan, konsitusi, dan keputusan-keputusan suatu lembaga merupakan sumber dari system hokum yang berlaku.
d)     Lingkungan pemerintahan
Lingkungan pemerintahan ditunjukan untuk menciptakan kondisi perekonomian yang sehat
e)      Lingkungan internasional
Lingkungan internasional merupakan konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah perekonomian di dunia. Keadaan di perekonomian nasional juga mempengaruhi perekonomian internasional.
Masalah-masalah dalam bisnis
·         Inflasi
·         Pengangguran
·         Produktivitas

Buku Pengantar Bisnis, Universitas Gunadarma

http://organisasi.org/penentuan_tempat_lokasi_perusahaan_bisnis_pengertian_definisi_faktor_pertimbangan_macam_jenis_lokasi_ekonomi_manajemen
http://deshafa.blogspot.com/2011/01/pengantar-bisnis-bab-2.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar