Sabtu, 12 November 2011

pengantar bisnis bab 6

NAMA           : FARADILLAH LAMIRA
KELAS          : 1EB09
NPM               : 28211317

Pemasaran
BAB 6


A.    Pengertian pasar dan pemasaran

Pasar adalah sebuah tempat yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli. Sedangkan pemasaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk pemasran suatu barang dan jasa yang bertujuan untuk mendapat keuntungan.

B.     Jenis-jenis pasar

Jenis-jenis pasar berdasarkan bentuknya:

1)      Pasar nyata
Pasar yang terdapat barang-barang yang dapat diperjual belikan.

2)      Pasar abstrak
 Pasar yang dimana penjual tidak menawarkan secara langsung
barang dagangannya melainkan barang yang akan diperjual belikan dipromosikan lewat sebuah kertas dagangan.

3)      Pasar tradisional
Pasar yang bersifat tradisional, terdapat tawar menawar antara penjual dan pembeli.

4)      Pasar modern
Pasar yang bersifat modern, tidak adanya tawar menawar karena barang yang diperjual belikan telah dijual dengan harga pas.

Jenis-jenis pasar berdasarkan keluasaan distribusinya:

1)  Pasar lokal
2) pasar daerah
3) pasar nasional
4) pasar internasional

  Jenis-jenis pasar berdasarkan waktu terjadinya:

1) Pasar harian
2) Pasar mingguan
3) Pasar bulanan
4) Pasar tahunan
5) Pasar temporer
           
Jenis-jenis pasar berdasarkan luas jangkauan:
           
1) pasar local
2) pasar nasioal
3) pasar internasional

Jenis-jenis pasar berdasarkan hubungan dengan proses produksi:

1) pasar output (pasar produk)
2) pasar input (pasar faktor produksi)

Jenis-jenis pasar berdasarkan struktur (jumlah penjual dan pembeli)

1) pasar persangan sempurna
jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.

2) pasar persaingajn tidak sempurna
Pasar jenis ini terdiri atas pasar monopoli, pasar oligopoly, pasar persaingan monopolistic, pasar monopsoni, dan pasar ologopsoni.



C.      Konsep-konsep inti pemasaran

Inti dari konsep pemasaran adalah untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efesien dibandingkan para pesaing.
Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan
 pemasaran suatu organisasi. Konsep pemasarannya itu antara lain:

1.      Konsep produksi
2.      Konsep produk
3.      Konsep penjualan
4.      Konsep pemasaran
5.      Konsep pemasaran sosial
6.      Konsep pemasaran global

Konsep pemasaran berbeda dengan konsep bisnis yang berorientasi pada produksi dan penjualan, sedangkan konsep pemasaran bertujuan  memberikan kepuasaran terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen.
Tiga unsur konsep pemasaran, yaitu:
1.      Orientasi pada konsumen
2.      Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral
3.      Kepuasan konsumen


D.     Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran dalah kegiatan suatu perusahaan guna mempertahankan perusahaannya, berkembang dan untuk mendapatkan laba.
Bauran Pemasaran
kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.
Empat bauran pemasaran, yaitu:
1.      Produk
Suatu barang atau jasa yang ditawarkan.
2.      harga
Sejumlah uang yang dibayar ole konsumen untuk membeli produk mengganti hak milik produk.
3.      Tempat
kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran.
4.      Promosi
kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran
Cara-cara promosi meliputi:
a.      Advertising
Semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
b.      Sales promotion
Insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa.
c.       Public relation and publicity
Berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk individual yang dihasilkan.
d.      Direct marketing
Melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.

Tujuan Sistem Pemasaran
a)      Memaksimumkan kepuasan konsumen
Hal ini akan menciptakan produksi, kesempatan kerja dan kemakmuran yang maksimum.
b)      Memaksimumkan mutu hidup
Pendekatan Dalam Mempelajari Pemasaran
·         Pendekatan serba fungsi
Pendekatan berdasarkan kegiatan pokok pemasaran seperti pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading, dan pengumpulan informasi pasar.
·         Pendekatan seba lembaga
Pendekatan berdasarkan organisasi yang terlibat dalam pemasaran seperti produsen, supplier, perantara dagang dsb.
·         Pendekatan serba barang
Pedekatan berdasarkan bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industry.
·         Pendekatan serba manajemen
Pendekatan yang dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil.


http://syadiashare.com/jenis-jenis-pasar.html
http://dilladetari.blogspot.com/2010/11/pengantar-bisnis-bab-6-pemasaran.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar